Halo, nama saya Agung. Berasal dari Denpasar, Bali. Blog ini adalah blog harian saya, dari tips dan trick code, curahan hati, dan beberapa tulisan tidak penting.

Menu & Search

Great Move Nokia and Windows Phone 7

June 18, 2011

Beberapa tahun mengalami masa sulit setelah tergusur oleh iPhone dan Andriod, Nokia tampak nya mulai menemukan jalan untuk menyelamatkan perusahaannya dari kerusakan yang lebih fatal akibat market share yang terus tergerus oleh pesaing nya. Geliat iPhone saat mengeluarkan iPhone 3 seakan membunuh market smart phone yang telah lama dikuasai oleh nokia. Ditambah semakin banyak nya pesaing yang muncul seperti andriod dan Blackberry, nokia pun seperti mati suri. OS saait ini yang digunakan oleh Nokia yaitu Symbian dirasa tidak dapat mengimbangi perkembangan dari IOS yang diusung oleh Apple maupun Andriod pada pertarungan memperebutkan pasar smartphone.

Sejak keluar nya berbagai macam smartphone pada pasar, penetrasi smartphone semakin lama semakin meningkat. Bahkan pada tahun 2013 diprediksikan 1 (satu) dari 2 (dua) pengguna handphone menggunakan smartphone. Sehingga tidak salah jika setiap handset maker berlomba – lomba untuk menguasai pasar dari smartphone.

Pada Q4 Tahun 2007 Nokia masih menguasai 50% market share dari smart phone dengan Symbian OS yang diusung oleh Nokia pada device nya.

dan coba bandingkan dengan Market share smartphone pada Q1 tahun 2011. Symbian OS yang diusung oleh perangkat keras dari Nokia hanya memiliki 1% dari market share. Dan tentu nya Andriod adalah monster yang dapat menguasai pasar smart phone dalam waktu yang sangat cepat.

Sebetulnya nokia memiliki beberapa opsi untuk merebut kembali pasar smartphone. Salah satu nya adalah mengimplementasikan Andriod pada perangkat keras mereka keluarkan. Beberapa perusahaan seperti Motorola bahkan mengatakan Andriod adalah penyelamat bagi perusahaan mereka. Atau dengan menggunakan inhouse platform yang digadang gadang sebagai OS masa dengan untuk nokia, yaitu MeeGo. Tapi pada kenyataan Nokia tidak memilih antara Andriod atau bahkan Meego.

CEO nokia, yaitu Stephen Elop yang pernah bekerja untuk Microsoft ternyata lebih tertarik untuk mengimplementasikan Windows Phone 7 pada perangkat masa depan mereka. Entah ada keterkaitan terhadap masa lalu nya dengan microsoft atau tidak, tapi berbagai pihak mengatakan bahwa kerja sama antara microsoft dan nokia adalah suatu “Good Move”.

Nokia mendiferensiasi diri nya dari hadangan pasaran yang mungkin sudah jenuh untuk handset andriod. Andriod sudah menguasai pasar tanpa smartphone bantuan dari Nokia sekalipun. Nokia yang terbiasa sebagai pemain utama tentu akan berpikir beberapa kali untuk menjadi pemain kesekian yang mengusung platform andriod. Sedangkan Microsoft menawarkan suatu tempat special untuk nokia bahkan untuk dapat meng-costumize segalanya pada level Operation System di Windows Phone 7 yang tidak didapat oleh handset maker lain seperti Samsung, LG, Dell, ataupun HTC.  Hal tersebut yang menjadi alasan utama nokia untuk tidak ngusung platform andriod pada perangkat nya.

Microsoft sendiri bukan lah pemain amatir dalam dunia smartphone. Walaupun Windows Phone 6 banyak yang melabelkan gagal, tapi tampak nya Microsoft belajar banyak dari pengalaman nya. Mereka merevolusi User Interface (metro user interface, dengan live tiles nya) sehingga jauh lebih enak untuk dilihat dan digunakan. Integrasi yang sangat dalam untuk Office. Xbox yang biasanya hanya digunakan pada console, kini juga dapat dinikmati pada Windows Phone 7. Dan pada update mango, Microsoft memberikan integrasi yang sangat dalam pada berbagai social network besar serta system yang memudahkan kita untuk berkomunikasi tanpa harus menginstall berbagai aplikasi lagi seperti yahoo, msn, etc. Bing search dan berbagai feature lain nya.

Selain itu tidak lupa apps store yang dimiliki oleh Microsoft sudah mencapati 20.000 app yang hanya membutuhkan 219 hari sejak launching. dibanding Andriod yang membutuhkan waktu 419 hari. Tentu saja antusias dari developer sangat besar terhadap platform baru dari Microsoft ini.

Dengan berbagai feature yang dimiliki oleh Windows Phone 7 dan kemampuan dalam hal hardware yang dimiliki oleh Nokia tampak nya Nokia secara pelan tapi pasti akan dapat bersaing dengan pemain besar smartphone lainnya.

Mari kita tunggu saja seperti apa bentuk dan feature yang ditawarkan oleh Nokia dengan Windows phone 7 nya. CEO nya sendiri menjanjikan bahwa Nokia Windows Phone 7 akan memberikan suatu handphone yang tidak ditemui pada handphone lainnya.

Nokia memprediksikan akan merelease windows phone 7 pada akhir tahun 2011 ini. Dan akan menjadi the next gadget untuk menggantikan nokia jadul saya ini.

Related article

Sekolah Anak

Beberapa hari lalu, istri bertanya kepada saya, kemana anak kami…

Istri, IRT atau Kerja atau Usaha?

Pernah ga cowo – cowo yang akan nikah berpikir, istri…

Apple Vision Pro dan Facebook

Beberapa bulan lalu, apple merelease sebuah product disebut Apple Vision…

Discussion about this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Type your search keyword, and press enter to search