Halo, nama saya Agung. Berasal dari Denpasar, Bali. Blog ini adalah blog harian saya, dari tips dan trick code, curahan hati, dan beberapa tulisan tidak penting.

Menu & Search

Idea vs Execution. Fight!

December 6, 2011

Belakangan ini sangat tinggi hype tentang startup lokal. Beberapa kali juga saya sempat terlibat menjadi bagian dari salah satu nya, tapi hanya sebagai pekerja. Walaupun sempat juga menjadi calon pemilik. Baru calon. Haha.

Ada hal yang saya sangat cermati terhadap startup tersebut. Beberapa dari startup tersebut memiliki ide yang sangat brilian. Bahkan saya pun berdecak kagum akan prospek dari startup tersebut. Tapi setelah saya bergabung kesana, saya melihat sedikit keganjilan didalam nya. Seperti ada lubang yang mereka tinggalkan begitu saja. Tanpa ada yang berusaha menutupi nya.

Beberapa kali saya berfikir, kenapa perusahaan ini tidak dapat berkembang. Setiap saya melihat kebelakang, apakah ada yang salah dengan ide nya, saya selalu melihat sebuah prospek besar didepan. Tapi kenapa perusahaan ini tidak dapat berkembang seperti yang diinginkan?

Perlahan saya pun mengerti, esensi dari suatu usaha tidak hanya dalam Ide. Eksekusi dengan cara yang tepat jauh lebih dibutuhkan dari pada sebuah ide yang Brilian untuk mencapai hasil yang maksimal.

Sebagai contoh nyata, Bhinneka.com adalah sebuah website yang sangat sangat terkenal di indonesia. Bahkan website nya masuk kedalam 100 besar website yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Tapi pada kenyataannya, mereka hanya membukukan revenue 10% dari online transaction, dan sisa nya dari Offline transaction. Jumlah item yang dibeli dari online transaction pun hanya 10 – 20 item perhari. FYI bhinneka rata – rata mencapai 50 ribu hit perhari nya. Konversi hit dan pembeliannya sangat – sangat rendah.

Terlepas dari prilaku masyarakat indonesia dalam pembelian online retail, bhinneka tetap dapat survive sampe sekarang dan tetap menjadi leader retailing dalam bidang elektronika khusus nya perangkat komputer di Indonesia.

Dari contoh bhinneka tersebut kita dapat melihat bagaimana sebuah ide yang biasa biasa saja bisa menjadi suatu bisnis yang berevenue puluhan milyar setiap tahunnya. Padahal sampai sekarang potensi penjualan online di indonesia masih cukup jauh dengan offline store. Tanpa eksekusi yang baik, saya sangat yakin nasib dari bhinneka tidak jauh seperti start up lainnya yang cuman Numpang Lewat.

Related article

Sekolah Anak

Beberapa hari lalu, istri bertanya kepada saya, kemana anak kami…

Istri, IRT atau Kerja atau Usaha?

Pernah ga cowo – cowo yang akan nikah berpikir, istri…

Apple Vision Pro dan Facebook

Beberapa bulan lalu, apple merelease sebuah product disebut Apple Vision…

Discussion about this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Type your search keyword, and press enter to search