Halo, nama saya Agung. Berasal dari Denpasar, Bali. Blog ini adalah blog harian saya, dari tips dan trick code, curahan hati, dan beberapa tulisan tidak penting.

Menu & Search

Java Robot

June 3, 2011

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah project untuk membuat sebuah program. Program nya sendiri berfungsi untuk dengan otomatis menjalankan program lain. Setelah berpikir, gimana sih cara buat nya, untung saja java ternyata memiliki package untuk melakukan hal tersebut. Sehingga kita tidakusah mengugnakan JNI untuk melakukan memanggil native OS API.

Package tersebut disebutkan dengan nama Robot. Sudah merupakan bawaan dari JRE sendiri. Sehingga tidak usah menginclude library apapun untuk menjalankan package ini.

Robot pada java dapat mensimulasikan Mouse click (dan tentu saja double click) , right click, Shortcut, printscreen. Sebetulnya sudah ada program dengan nama automouse clicker, tapi sayang nya tidak bisa digunakan denngan console dan dipanggil oleh Java.

Dengan membundle Sax Parser untuk action (action dari robot), saya membuat sebuah program kecil seperti automouse clicker tersebut.  download :  http://example-code.googlecode.com/files/bot.zip

Untuk menjalankan program, masuk ke dist, kemudian eksekusi dengan perintah java -jar autobot.jar action.xml, tetapi terlebih dahulu masukan java pada Windows Path.

source gambar : http://blogs.oracle.com/mgorshenev/entry/javaone_2007_part_3_cool

Related article

Sekolah Anak

Beberapa hari lalu, istri bertanya kepada saya, kemana anak kami…

Istri, IRT atau Kerja atau Usaha?

Pernah ga cowo – cowo yang akan nikah berpikir, istri…

Apple Vision Pro dan Facebook

Beberapa bulan lalu, apple merelease sebuah product disebut Apple Vision…

Discussion about this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Type your search keyword, and press enter to search